Pengertian Flasdisk

Pengertian Flasdisk


Awalnya, dikenal suatu alat penyimpanan data yang bernama FlasMemory. Alat ini digunakan untuk menyimpan BIOS di Motherboard komputer. Karena harganya yang semakin murah para ahli elektronik memodifikasinya menjadi system penyimpanan data portebel, mirip data Disket. Maka, muncul lah sebutan FlasDisk. 

FlasDisk mulai dipasarkan IBM pada 2001 di Amerika. Saat itu kapasitasnya hanya mencapai 8Mb. kemudian, pada 2003 telah berkembang menjadi 64Mb. hingga saat ini belum bisa dipastikan siapa yang pertama kali berusaha memunculkan alat ini. Tiga perusahaan berselisih mengaku bahwa mereka lah yang mempunyai pertama kali mempunyai peran, yaitu M-Systems, Trek 2000, dan Netac. Namun, siapapun mereka yang jelas hasil kreatifitasnya cukup berguna bagi kemudahan menggunakan teknologi sekarang ini.

Teknologi ini menggunakan jalur USB(Universal Serial Bus) yang dipadukan dengan teknologi FlasMemory. Beberapa produk USB Storage media lain adalah MP3, PenDrive, ThumbDrive, SD Chart, Compact Flas, dan MMC. USB sendiri memungkinkan kita untuk menhubungkan eksternal Device yang lain ke komputer seperti Scanner, Kamera Digital, HandPhone, dan Printer.

Komentar

Postingan Populer