Fungsi Fungsi Keyboard

Fungsi keyboard serta pengertiannya menjadi topik pembahasan kita pada hari ini. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer dengan berbagai macam tombol yang masing-masing fungsinya berbeda. Setiap tombol akan mengeluarkan output yang berbeda bergantung pada apa yang kita tekan.
Tanpa adanya keyboard, komputer seperti tidak menghasilkan apa-apa karena alat perintah yang teramat vital adalah keyboard. Menggunakan keyboard, sebuah komputer mampu menghasilkan dokumen yang kemudian dicetak melalui printer. Berbagai dokumen yang Anda lihat sekarang ini, misalnya buku, makalah, karya tulis, dan berbagai macam blog di dunia internet, semuanya dihasilkan menggunakan bantuan alat ketik tersebut. Jadi, sudah tahu bukan seberapa besar pengaruh atau manfaatnya di dalam kehidupan kita sehari-hari?
keyboard komputer
Penciptaan keyboard sendiri dimulai dengan penciptaan mesin ketik. Rancangan mesin ketik didesain serta dibuat oleh Christopher Latham di tahun 1868. Kemudian, perusahaan yang bernama Remington mulai banyak memasarkan produk tersebut pada tahun 1877. Setelah mesin ketik menyebar secara luas, dimulailah penciptaan keyboard komputer pertama kali. Papan ketik pertama kali tersebut mempunyai desain penyesuaian kartu pelubang kemudian dihubungkan melalui teknologi pengiriman tulisan jarak jauh.
Fungsi Keyboard Dilihat Dari Varian Tombol
Keyboard, mempunyai fungsi utama sebagai alat ketik, sesuai dengan namanya yaitu papan ketik. Keyboard bertugas untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol pada layar monitor komputer Anda yang kemudian dicetak menjadi dokumen atau memang sengaja dibuat sebagai data digital di komputer.
Keyboard pada dasarnya tidak selalu mengeluarkan output berupa angka, huruf, dan simbol. Beberapa tombol memang didesain untuk berfungsi sebagai suatu perintah. Sebagai contoh, ada tombol escape yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi atau program yang sedang Anda jalankan. Kemudian ada pula tombol F5 yang bertugas melakukan refresh terhadap komputer Anda. Setelah itu ada pula fungsi keyboard sebagai navigasi dimana Anda harus menekan tanda panah, page up, dan page down.
Perangkat ini bisa menjalankan perintah tertentu melalui kombinasi penekanan tombol. Sehingga, Anda tidak harus menggunakan mouse untuk menjalankan perintah tersebut. Beberapa contoh dari penggunaan kombinasi tombol pada keyboard antara lain adalah menekan tombol CTRL + N yang tujuannya untuk membuka jendela baru pada aplikasi yang sedang Anda jalankan.

Komentar

Postingan Populer