Tools Multimedia (Hardware)

Perangkat keras multimedia(Hardware)

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi.

  • Perangakat Konektor
Diantara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.
Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
*Small computer system interface (SCSI)
*Media control interface (MCI)
*Intergrated drive electronic (IDE)
*Universal serial bus (USB)
*High-definition multimedia interface (HDMI)
  • Perangkat Input
Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa perangkat input tersebut antara lain :
*Keyboard
*Mouse
*Microphone
*Scanner
  • Perangkat Output
Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada pengguna. Perangkat output antara lain
*Monitor
*Speaker
*Proyektor
*Printer
  • Perangkat Penyimanan
Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa perangkat penyimpan tersebut antara lain :
*Random access memory (RAM)
*Read only memory (ROM)
*Hardisk 
*Compact disk (CD
*Digital versatile disk (DVD)

Komentar

Postingan Populer