Etimologi Multimedia

Pengertian Multimedia

Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. Multi berarti bermacam-macam, banyak. Medium berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Secara terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.


Multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication
  • Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio,graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film, game, entertaiment, dan lain-lain) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. 
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
*Media Teks
*Media Audio
*Media Video
*Media Animasi
*Media Graph / Image
*Media Interactivity
*Media Special Effect
  • Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, public-city, entertaiment, news, education, dan lain-lain.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
*TV
*Radio
*Film
*Cetak
*Musik
*Game
*Entertaiment
*Tutorial
*ICT (Internet)
Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi

Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.
Penerapan multimedia menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia,
yaitu dalam : Bidang Bisnis, Bidang Pendidikan, Bidang Militer, Rumah, Tempat Umum

Komentar

Postingan Populer